?> Gubernur Dorong Kader HIPMI Tingkatkan Ekonomi Sulteng
Jumat, 20 Oktober 2017

Gubernur Dorong Kader HIPMI Tingkatkan Ekonomi Sulteng

  • PDF

hipmiSulteng2017.jpg

(4/10/2017) Palu, Gubernur Sulawesi Tengah meminta kepada himpunan pengusaha muda Indonesia (HIPMI) wilayah Sulteng, agar dapat berperan lebih kongkret dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah. Hal ini disampaikan Gubernur melalui Drs. H Mohamad Hidayat Lamakarate, M Si. Selaku sekretaris provinsi ketika membuka secara resmi musyawarah daerah HIPMI ke XI tahun 2017.

 

Hal ini disampaikan dengan alasan bahwa menurutnya tingkat kesadaran masyarakat untuk menjadi pengusaha masih rendah, terlebih kaum muda saat ini masih memandang profesi pegawai negeri sipil dipandang menjanjikan atau memiliki status sosial yang tinggi. Ia juga mengungkapkan telah banyak melontarkan kepada banyak fresh graduate akan pekerjaan apa yang sangat diidamkan, dan kebanyakan adalah menjadi pegawai. 

         Hidayat yang membacakan sambutan gubernur mengatakan seharusnya sebagian orang dari jumlah penduduk dapat mengambil peran  sebagai pengusaha, lebih jauh ia mengatakan pertumbuhan yang terjadi di Sulawesi Tengah sebagian besarnya ditopang bukan dari kewirausahaan. Tetapi masih di topang sektor pertambangan, padahal daerah ini kaya akan berbagai komoditas lain.
         “Hipmi juga bertanggung jawab meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah, khususnya dalam mengembangkan komoditi unggulan daerah Sulawesi Tengah, sebab pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tengah dapat saya katakan baik apabila sekurang-kurangnya 2 persen penduduk berprofesi sebagai pengusaha. Kami menyadari pertumbuhan ekonomi di daerah dalam 5 tahun terakhir lebih tinggi dari pada rata-rata nasional, tapi disayangkan penumpangnya sebagian besar disuplai dari kantong-kantong pertambangan”. Terang Hidayat yang punya harapan agar ketua terpilih Hipmi Sulteng dapat bekerjasama dan gotong royong bersama pemerintah daerah membuat program inovatif juga realistis. 
         Musyawarah ini dihadiri pula oleh Bahlil Lahaladia Ketua Dewan Pengurus Pusat HIPMI. Ia menyampaikan bahwa faktor keuangan tidak lagi menjadi faktor utama dalam pemilihan. Menurutnya yang terpenting adalah bagaimana seorang calon kandidat memiliki kualitas diri, serta dapat berkomunikasi secara baik dengan anggota-anggota dibawahnya. Ia pun menambahkan selain syarat tadi, ada 3 syarat lain. Yaitu haruslah memiliki mimpi, berarti sebuah gagasan agar dapat membawa Hipmi dan Sulawesi Tengah lebih maju. Kemudian calon tersebut harus dapat memberi inspirasi semua anggotanya dengan jalan menjalin silaturahmi dan jaringan ke semua elemen masyarakat. Dan terakhir menurut Bahlil adalah wajib memiliki keberanian untuk mengeksekusi gagasan tersebut dengan segala resikonya. 
         Ia juga menghimbau kepada seluruh anggotanya agar dapat bersinergi dengan jajaran birokrasi. Guna mendorong generasi muda agar dapat melirik dan membangun paradigma bahwa sebagian kaum mudanya harus menempati posisi strategis di luar birokrasi, yaitu sebagai pengusaha. 
         “Jumlah pengusaha nasional kita masih sedikit. Yaitu hanya 1,6 persen dari jumlah penduduk Indonesia. Dibandingkan dengan Singapura 7 persen, Malaysia 4,5 persen, Thailand 5 persen, Vietnam 3,9 persen. Dalam teori ekonomi, sebuah negara berkembang setidaknya membutuhkan minimal 2 persen pengusaha untuk menumbuhkan perekonomian yang baik. Dan kalau kita mengikuti standar bank dunia kita butuh setidaknya 5 persen. Maka kita butuh generasi baru anak muda 1,8 juta atau 5,7 juta. Tetapi apa yang terjadi, anak-anak muda kita lebih banyak ingin menjadi karyawan atau pegawai negeri. Paling banyak sekali. Survey membuktikan 83 persen populasi mahasiswa Strata 1 dari Aceh sampai Papua, jika ini yang terjadi maka harus ada langkah besar pada regulasi ekonomi nasional”. Yakin Bahlil. 

         Astrid Noviti Sandagang Ketua Hipmi Sulteng yang akan purna tugas, memiliki dua calon pengganti. Mereka adalah putra-putri terbaik Hipmi, Sri Irmayanti Tombolotutu dan Ishak Basyir Khan.

Terakhir Diperbaharui pada Rabu, 04 Oktober 2017 23:38

Add comment


Security code
Refresh

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday3829
mod_vvisit_counterYesterday8391
mod_vvisit_counterThis week54132
mod_vvisit_counterLast week59686
mod_vvisit_counterThis month209451
mod_vvisit_counterLast month373442
mod_vvisit_counterAll days10985627

We have: 152 guests, 202 bots online
Your IP: 23.20.86.177
 , 
Today: Okt 20, 2017
Pagerank Checker

Contact Us

Anda dapat menghubungi kami :

:

Jln. Samratulangi No. 101 Palu                 Sulawesi Tengah, Indonesia

: 0451 - 451311
:
info@sultengprov.go.id