?> Peran Strategis Perpustakaan Terus Ditingkatkan
Minggu, 17 Desember 2017

Peran Strategis Perpustakaan Terus Ditingkatkan

  • PDF

perpustakaan2017.jpg

(10/10/2017) Palu, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah terus mengupayakan peningkatan dan kualitas perpustakaan. Ini penting bagi pemerintah, karena perpustakaan memiliki peran yang sangat strategis dalam usaha membangun bangsa yang cerdas, mandiri dan akhirnya dapat berdaya saing dengan bangsa lain. Maka perpustakaan harus di kelola dengan baik pun harus sesuai dalam tata kelolanya. 

         Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur diwakili oleh Dr. Rusdi Bahtiar Rioeh dalam acara pembukaan bimbingan tehnis perpustakaan sekolah SLTA se-Kota Palu di aula perpustakaan daerah provinsi Jalan Banteng. “Perpustakaan mempunyai fungsi peranan yang strategis. Sebagai sentra pelayanan informasi dan penyangga pendidikan. Setiap sekolah harus mampu menerapkan penyelenggaraan sesuai standar nasional.” Tutur Rusdi. 
         Hal inilah yang mendasari kegiatan tersebut. Selain itu standarisasi pengelolaan perpustakaan juga bertujuan meningkatkan wawasan, pengetahuan dan ketrampilan seorang pustakawan dalam membangun minat baca pelajar, yang notabene masih sangat rendah. Maka pustakawan profesional harus sesuai kualifikasi dan kompetensi yang baku, berdasar penetapan menteri pendidikan nasional Republik Indonesia nomor 25 tahun 2008. 
         Rusdi yang membaca sambutan gubernur secara paripurna juga mengingatkan kepada peserta yang hadir akan bahaya Narkoba, menurutnya permasalahan narkoba menjadi perhatian dan tanggung jawab bersama. Bukan hanya di tangan pemerintah saja, serta perlu kepedulian yang serius dan jangan pernah bosan mengingatkan orang yang kita cintai akan bahaya narkoba. Terlebih menurutnya pada tahun 2045 Indonesia mendapat bonus demografi penduduk, apabila bonus demografi ini tidak dibarengi dengan pencegahan terhadap bahaya narkoba maka akan menjadi bumerang. 

         Olehnya ia berpesan agar permasalahan dan tantangan bangsa yang terjadi saat ini perlu menjadi perhatian bersama, khususnya insan pustakawan. Karena ditangan merekalah kita dapat mengupgrade kecerdasan anak Indonesia. Dian Anggraeny Tangge selaku ketua panitia menjelaskan bahwa acara yang diikuti tak kurang dari 40 peserta ini akan berlangsung hingga Kamis, bertujuan secara khusus memberikan pemahaman, wawasan dan ketrampilan para pustakawan mengenai tugas pokoknya.

Terakhir Diperbaharui pada Kamis, 12 Oktober 2017 00:11

Add comment


Security code
Refresh

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday9732
mod_vvisit_counterYesterday10189
mod_vvisit_counterThis week9732
mod_vvisit_counterLast week94018
mod_vvisit_counterThis month212914
mod_vvisit_counterLast month326599
mod_vvisit_counterAll days11669713

We have: 85 guests, 45 bots online
Your IP: 54.226.172.30
 , 
Today: Des 17, 2017
Pagerank Checker

Contact Us

Anda dapat menghubungi kami :

:

Jln. Samratulangi No. 101 Palu                 Sulawesi Tengah, Indonesia

: 0451 - 451311
:
info@sultengprov.go.id