?> Kementerian Keuangan Gelar Forum Ekonomi di Sulteng
Jumat, 20 Oktober 2017

Kementerian Keuangan Gelar Forum Ekonomi di Sulteng

  • PDF

sminarKeuangan2017.jpg

Kemenkeu Melanjutkan rangkaian acara seminar ekonomi di Kota yang kesebelas dari lima belas Kota, kali ini Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyelenggarakan Seminar Forum Ekonom Kemenkeu di Mercure Hotel, Palu pada Selasa (10/10/2017). Seminar diawali dengan welcome remarks oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Sulawesi Tengah Drs.Mattaro Nurdin Arta,MM . Selanjutnya, acara dibuka secara resmi oleh Asisten II Bid Adm Perekonomian, Pemberdayaan & Kesra Pemrov Sulteng DR. B Elim Somba.MSc yang mewakili Gubernur Sulawesi Tengah Drs.H Longki Djanggola.M.Si

 

Acara dilanjutkan dengan diskusi panel dengan Narasumber yaitu Adriyanto,PhD (Kapus Kebijakan Ekonomi Makro BKF), Ibu Diah Kusuma ( Kasubdit Pembiayaan Anggaran & Penganggaran Resiki Fiskal DJA), dan Muh Ahlis Djirimu,PhD (Ekonom Kemenkeu Khusus Sulteng)

Drs.Mattaro Nurdin Arta,MM menegaskan bahwa kegiatan ini mengangkat tema RAPBN 2018: Pemerataan Pembangunan Yang Berkeadilan. Selain itu pentingnya kegiatan ini ialah Pengambilan kebijakan Pemda, memberikan masukan dan saran ke pempus terkait penyusunan kebijakan RAPBN 2018. dan kegiatan ini bertujuan untuk disseminasi kebijakan mengenai penyusunan RAPBN 2018 dan kondisi perekonomian Indonesia terkini khususnya Sulawesi Tengah saat ini.

Selain itu menurut Gubernur sulawesi Tengah dalam sambutan tertulisnya mengatakan, penyelenggaraan kegiatan tahunan ini bertujuan mendiseminasikan beberapa hal, yakni kondisi perekonomian terkini dan rapbn tahun 2018, peran dan kebijakan yang ditempuh oleh kementrian keuangan dalam mendorong pemerataan dan pembangunan yang berkeadilan kepada masyarakat.dalam konteks sulawesi tengah, selama lima tahun ke depan yakni periode 2016-2021, sulawesi tengah mempunyai cita-cita yang tertuang dalam visi, yaitu “sulawesi tengah maju, mandiri dan berdaya saing” yang di-implementasikan dalam lima misi yakni :

pertama, melanjutkan reformasi birokrasi, mendukung penegakan supremasi hukum dan ham;

kedua, meningkatkan pembangunan infrastruktur daerah dan mendukung kemandirian energi;

ketiga, meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui pemberdayaan ekonomi kerakyatan;

keempat, mewujudkan pengelolaan sumberdaya agribisnis dan maritim yang optimal dan berkelanjutan sejajar dengan provinsi maju di kawasan timur indonesia;

kelima, meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang berdaya saing dan berbudaya.

Gubernur juga mengatakan, selama semester pertama tahun 2017, perekonomian sulawesi tengah tumbuh 5,29 persen terhadap semester pertama tahun 2016. dari sisi produksi, pertumbuhan ini ditunjang oleh produksi tambang, baik biji logam terutama nikel maupun gas mencapai 17,72 persen, industri pengolahan sebesar 10,70 persen, serta pertanian, kehutanan dan perikanan sebesar 0,89 persen; sedangkan dari sisi pengeluaran, pertumbuhan ekonomi tersebut didukung oleh ekspor barang dan jasa yang mencapai 23,75 persen.

kinerja pertumbuhan ekonomi yang lebih rendah terhadap pertumbuhan ekonomi setahun sebelumnya yang mencapai 9,98 persen, mengingatkan pada kita bahwa terjadi kontraksi ekonomi sulawesi tengah. fenomena ini tentu akan menyadarkan kita, bahwa pertambangan dan penggalian bukan merupakan sektor andalan sulawesi tengah, karena dapat menimbulkan fenomena kutukan sumberdaya (resource curse), karena sifatnya padat modal, tentu daya serap tenaga kerja rendah. selain itu, kontribusi perekonomian sulawesi tengah terhadap perekonomian nasional tetap kecil berada pada kisaran 0,95 persen.’imbuhnya.

Sebagai informasi, dalam seminar kali ini, Kemenkeu RI yang diWakili DJPB Sulteng menyerahkan Penghargaan kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan Kota Palu sebagai Daerah yang Berprestasi Dalam Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan Tahun 2016.Kegiatan Ini dihadiri Pejabat Pemda Kota Palu, Sigi, Pemprov Sulteng, Akademisi dan Para Mahasiswa.

Terakhir Diperbaharui pada Kamis, 12 Oktober 2017 00:21

Add comment


Security code
Refresh

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday3802
mod_vvisit_counterYesterday8391
mod_vvisit_counterThis week54105
mod_vvisit_counterLast week59686
mod_vvisit_counterThis month209424
mod_vvisit_counterLast month373442
mod_vvisit_counterAll days10985600

We have: 136 guests, 217 bots online
Your IP: 23.20.86.177
 , 
Today: Okt 20, 2017
Pagerank Checker

Contact Us

Anda dapat menghubungi kami :

:

Jln. Samratulangi No. 101 Palu                 Sulawesi Tengah, Indonesia

: 0451 - 451311
:
info@sultengprov.go.id